Sunday, May 12, 2013

Plunge Yourself!

The Magic Sprinkler Rises!

Sudah lama lupa nulis dan karena ditanya sama Master kenapa ga nulis-nulis lagi akhirnya jadi kepikiran deh. Well done, Master... -.- Selain itu ngeliat temen ada yang mulai ngeblog jadi rindu masa-masa menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan. So here we are, I am trying to make the magic sparks again.

Tema kali ini adalah saat-saat di mana kita kehilangan motivasi dan jadi malas melakukan apapun. Penyebab hal kaya gini bisa bermacam-macam misalnya banyak masalah dalam hidup, terkena bencana, atau simply karena masuk comfort zone dan males ngapa-ngapain lagi. Seringkali gw mengalami hal yang kaya gini, terutama sekarang ini saat gw lagi nganggur sampe 2 bulan sebelum nantinya akan memulai lembaran petualangan baru gw. Ngomong-ngomong soal petualangan baru gw, nantikan kisahnya di blog gw edisi "New World" yang gw rencanakan bakal release dalam beberapa bulan ke depan! semoga ._.

Ada banyak cara sebenernya buat ngebalikin motivasi, dan tentunya gw ga bakal mengklaim cara gw sebagai cara paling efektif, jalan emas, atau semacamnya kaya yang suka diklaim sama motivator-motivator terkemuka. Tapi cara ini patut dicoba karena lumayan ampuh buat gw. Sekarang coba teman-teman bayangkan hidup ini bagaikan dunia air. Jadi berenang adalah hal umum yang dilakukan orang-orang di dunia itu. Nah, ceritanya kita udah ada di pinggiran air nih tapi kita belum nyebur. Itulah keadaan di mana kita lagi ga melakukan apa-apa atau saat di mana kita kekurangan motivasi. Alasan kita ga nyemplung kurang lebih karena takut airnya dingin, ada binatang, ga bisa berenang, dan semacamnya. Nah sekarang kita sadar kan, yang namanya 'procrastinating' itu terjadi bukan karena kita males atau ada gangguan-gangguan dalam hidup tapi lebih disebabkan kita takut sama hal yang harusnya kita kerjakan itu. Jadi justru kita mencari-cari gangguan untuk menunda pengerjaan hal tersebut. Teori serupa disampaikan temen gw Audi Tri Harsono saat kita sedang dinner sembari berbincang-bincang tukar pendapat sehabis gym.hahah

 Enter The World of Water

Jadi udah tau kan apa yang harus dilakukan kalo kita lagi kekurangan motivasi? Plunge yourself into the water! Take the first step! Out of your comfort zone! Start working! Apapun pokoknya yang semacam itulah. Pasti awalnya bakal berasa ga enak, kaya gw sekarang ini lumayan berat buat nulis lagi dan berulang-ulang nulis dan ngapus karena udah rada lupa gripnya. Ibaratnya kaya baru masuk ke air pasti kaget sama dinginnya air itu. Tapi setelah itu rasanya mulai biasa dan kita mulai inget lagi rasanya berenang. Lagipula kalo kita ngeliat sekeliling, banyak orang yang udah mulai 'berenang' dan mereka baik-baik saja kan dalam hidupnya. Kalo mereka bisa kenapa kita ngga. So, begitu kita dah berani nyemplung kita tinggal ngucapin ke diri kita sendiri, "Welcome to the world of water!". Setelah itu silakan arungi petualangan kalian di 'dunia air' tersebut!

Tapi gimana kalo kita bener-bener ngeri buat ngambil langkah pertama? Sekarang gw bagi lagi salah satu cara buat memunculkan motivasi. Look at your past self when you achieved some kind of glory. Misalnya kalo kita pengen mulai main basket lagi, inget-inget saat di mana kita main basket paling seru dan kita berhasil bikin tembakan yang spektakuler, atau gol spektakuler di sepak bola. Tadi sebelum nulis gw baca-baca lagi postingan gw di blog ini. Entah ya gw ini termasuk penulis yang bagus apa jelek, tapi sejujurnya gw terkagum-kagum dengan post gw yang sebelum-sebelumnya. Ga tau blog gw ini emang bisa memotivasi orang apa ngga, tapi seengganya gw sendiri termotivasi sama tulisan gw sendiri. Terima kasih Salmonella typhoon the magic sprinkler di masa lalu, siapa sangka magicnya kena diri lo sendiri di masa depan.hahaha Bukan cuma termotivasi, tapi gw juga bingung kok dulu gw bisa kepikiran hal-hal semacem itu. Akhirnya jadi berasa juga kok kayanya kemampuan menurun, tapi menurut gw hal itu ga masalah. You are never too old to relearn. We are biologically wired to get older and weaker over times, but we are spiritually wired to keep burning till the end of our life. Sesuai dengan slogan hidup gw juga "Don't lose hope, just have a little faith." Jangan pernah merasa takut buat memulai sesuatu lagi karena takut gagal atau ga seberhasil dulu. Kalo kita ga mencoba sama sekali, kemungkinannya jadi 0%, ketimbang 0.000000001% sekalipun kalo kita berani nyoba. Jadi gw mencoba memulai nulis lagi dengan kemampuan yang sudah menurun tapi tetap dengan harapan memunculkan postingan yang bagus lagi. Siapa tau gw yang di masa depan butuh baca post gw ini dan makin termotivasi buat mencapai sesuatu dalam hidup. Keren juga ya blog ini bisa kaya mesin waktu.hahaha

So adventurers, do not let an arrow to the knee stop your journey! Be an adventurer like your former self. Keep in mind that no wounds are greater than your spirit. Also remember that relearning is not a backward movement, but a process to build a stronger foundation for our steps ahead. Plunge yourself and see what you can do. Keep adventuring!


Stop pushing!

No comments:

Post a Comment