Thursday, May 24, 2012

Set The Clock



Akhirnya sempet lagi nerusin nulis blog. Ternyata blogging itu susah juga ya, kaya ke gym. Kalo kelamaan ga ngepost bakalan males seterusnya, harus diniatin lagi. Ok kalo gitu gw bakal lanjutin dengan sequel dari "The Wonder of The Adventure", dengan tema kali ini adalah "Set The Clock". Jam apa yang dimaksud di sini? Apa hubungannya sama adventure yang dibicarakan sebelumnya? Di post ini bakal gw jelasin semuanya.

Pertama-tama gw awali dengan keadaan gw dari masa kecil sampe sekarang. Dari lahir, gw adalah tipe orang yang sangat sangat ga punya motivasi. Waktu balita masuk playgroup cuma bertahan sebulan karena ga betah dengan lingkungan yang asing dan takut sama anak lain. Masuk TK uring-uringan karena sering berantem sama temen dan dimarahin guru, akhirnya setiap masuk pake ngamuk-ngamuk, nangis-nangis, dan harus digendong masuk kelas. Waktu SD sering males dan pura-pura sakit biar ga masuk sekolah dan bisa main PS aja di rumah. Waktu SMP di saat orang-orang mulai masuk ekskul basket dan sebagainya, lagi-lagi gw berenti dari ekskul itu karena selama ekskul cuma dikata-katain gara-gara badan gw yang kecil. Di SMA coba masuk basket lagi tapi lagi-lagi kalah bersaing sama temen-temen yang jauh lebih tinggi dan beralih ke ekskul catur Jepang (atau biasa disebut Go). Di situ juga ga bertahan lama karena harus masuk ekskul yang diakui sama sekolah buat nilai di raport. Sempet kabur ke ekskul kimia biar ga usah cape-cape dan tetep dapet nilai. Akhirnya masuk ekskul taekwondo dan bertahan cukup lama, sampe gw lulus SMA. Tapi sekarang lagi-lagi dah ga gitu kepake selain kalo harus berantem mungkin. hahaha

Begitulah keadaan gw dari kecil, sangat-sangat ga punya motivasi dan ga mau keluar dari yang namanya comfort zone. Dari TK sampe SMA juga masuk sekolah yang sama karena dari awal udah didaftarin di situ sama orang tua. Untungnya sekolah itu termasuk sekolah top di kota gw jadi bukan jalan yang salah jg gw bertahan di sekolah itu. Walaupun sebenernya dalemnya ga seindah penampakan dari luar. Masuk kuliah juga bener-bener frustasi karena di saat temen-temen dah masuk univ lewat jalur PMDK, gw malah ga tau mau masuk jurusan apa dan berakhir ikut-ikutan temen daftar PMDK teknik kimia. Akhirnya gagal lagi, waktu itu sampe frustasi. Untungnya ga masuk teknik kimia, karena baru sadar gw ga gitu suka kimia. Setelah beberapa kali konsultasi bakat sama psikolog (yang sempet disasarin disuruh jadi arsitek padahal gw lemah sama yang namanya keterampilan), ngikutin saran keluarga, dan pertimbangan dari nilai raport (waktu itu gw paling bisa biologi berkat guru yang sangat hebat dan sampe saat ini guru itu adalah satu-satunya guru sekolah yang gw merasa beruntung banget diajar sama beliau), akhirnya gw memutuskan untuk masuk jurusan teknobiologi lewat jalur ujian. Kali ini berhasil lolos dengan gemilang \(•˚˚•)/

I don't want to go out of my comfort zone! (‾^‾)

Keadaan kaya gini terus berlanjut semasa gw kuliah, gw ikut-ikutan temen daftar Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), karena di antara temen-temen gw yang ga daftar tinggal gw doang. Waktu itu takutnya malah jadi ga ada temen kalo mereka semua sibuk ikut-ikut kegiatan. Tapi yang terjadi adalah... di antara temen-temen gw cuma gw yang kepilih masuk BPM!!!(۳ ˚Д˚)۳ Di situlah pertama kalinya gw ngelakuin sesuatu sendirian. Tapi gw tetep jadi orang yang masih terikat dengan comfort zone. Sampe suatu ketika gw lagi ngobrol-ngobrol sama temen gw si blogger handal yang gw mention di post sebelumnya, di situlah gw mulai berubah. Seriously, walaupun ni temen satu sangat-sangat bertolak belakang sama gw, tapi ni orang termasuk orang yang sangat mengubah hidup gw. Mungkin kalo diibaratkan kita itu bagaikan Shinichi Kudo dan Heiji Hattori. Punya style yang beda tapi tetep berteman. Waktu itu sebenernya lagi ngomongin soal ayat Alkitab, tapi ada pelajaran yang bagus dari yang dia ceritain ke gw. Inti dari ayat yang dibahas adalah: "Kalo mau masuk Kerajaan Surga, harus ngelakuin 2 hal: yang pertama adalah melepaskan semua keinginan duniawi (tentang ini ada pelajaran yang bagus juga dan mungkin akan jadi topic post gw selanjutnya), dan yang kedua adalah KELUAR DARI COMFORT ZONE"

DUAR!!! Di sini dunia gw bagai terguncang. Gw pikir-pikir dari dulu gw adalah anak yang sangat pengecut, kalo kata si blogger itu istilahnya coward bastard. Di sini bukannya gw menekankan soal masuk Kerajaan Surga, iya sih gw jg mau dan sedang berusaha menuju ke sana, tapi pelajaran yang bisa diambil di sini sangat general dan harusnya bisa diterapkan dalam hidup. Setelah gw renungkan, gw sadar kalo gw jarang banget yang namanya keluar dari comfort zone. Comfort zone di sini bukan maksudnya comfort secara fisik, tapi lebih ke comfort perasaan. Gw jarang banget ambil keputusan sendiri, selalu ikut perintah orang tua, takut tampil sendirian, ga punya motivasi, dan selama ini ngelakuin kerjaan cuma berdasarkan ketakutan akan hukuman misalnya ngerjain tugas dan beresin rumah. Hidup gw kaya robot, hidup untuk diperintah orang lain sampe hari di mana gw berhenti bergerak. Mulai dari sini gw selalu mencari-cari motivasi dalam hidup. Tapi perjuangan gw mencari motivasi dalam hidup itu ga instan, gw baru dapet motivasi hidup belakangan ini. Jadi gw bukan motivator-motivator yang kisah hidupnya udah sukses, gw adalah orang yang juga lagi berjuang untuk mencapai kesuksesan tersebut. Jujur aja gw kurang termotivasi sama yang namanya motivator, karena mereka cuma menunjukkan jalan menuju sukses, tapi ga membimbing yang dimotivasi untuk melangkah di jalan yang mereka tunjukin itu. Ya sebenernya wajar sih, karena mereka kan sibuk dan ga mungkin perhatiin orang satu-satu. Mungkin juga gw yang terlalu manja jadi minta dibimbing. Tapi itulah sejujur-jujurnya yang gw rasakan, nasib si motivator itu lebih beruntung daripada orang-orang lain dan mereka ga berada di dunia yang sama dengan kita. Mereka itu bagaikan orang yang berada di seberang jurang yang mau kita lewatin, dan mereka cuma teriak-teriak dari seberang sana ngasih tau kita gimana caranya nyebrangin jurang itu. Tapi dia sendiri tetep di seberang sana udah menikmati hasil dari dia nyebrangin jurang itu. Kayanya udah ga gitu peduli sama yang mau nyebrang, mau jatoh kek, bisa nyebrang juga kek, pokoknya dia udah coba nyebrang dan bisa. Lain dengan yang dilakukan kepala sekolah les IELTS yang gw ikutin baru-baru ini (bagi yang ga tau apa itu IELTS, semacam les inggris gitu lah). Dan yang diajarkan sama si kepala sekolah inilah yang ternyata bisa memberi motivasi dalam hidup gw.

 
They said that this is the way, but where are they?

Nama si kepala sekolah tempat les ini adalah Mr. Clay. Penampakannya kira-kira mirip sama Samuel L. Jackson tapi dengan versi badan kaya tentara US Navy, lebih gede gitu deh. Di hari terakhir gw les dia memberikan pelajaran yang sangat di luar dugaan, yaitu sesuai dengan topik kali ini "Set The Clock"
Di sesi yang singkat itu dia minta semua peserta les buat ngejawab 4 pertanyaan yang selalu dia ajukan di kelas-kelas yang dia ajar. Pertanyaannya adalah sebagai berikut:
1. What do I want?
2. Why do I want it?
3. When do I want it?
4. How to get it?

Pertanyaan yang simple dan kesannya biasa aja ya.:)
Pertanyaan-pertanyaan di atas itu adalah template buat nentuin tujuan hidup kita, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Waktu itu Mr. Clay minta kita isi pertanyaan-pertanyaan itu dengan jawaban soal travelling, karena Mr. Clay bilang ga ada pengalaman yang lebih menyenangkan dari travelling (ternyata Mr. Clay ini adventurer juga, bahkan master adventurer yang pengalaman keliling dunianya udah banyak banget). Di sini gw bilang Mr. Clay bukan motivator, tapi master. Dia membimbing murid-muridnya satu-satu untuk mencapai apa yang dia udah capai. Selama kita nulis jawaban pertanyaan itu dia nanyain kita satu per satu apa yang kita tulis dan dia kasih tau tanggapan dia sekaligus pelajaran yang bisa dia sampaikan dari jawaban kita itu. Ibaratnya Mr. Clay ini udah pernah nyebrangin jurang, dan dia BALIK LAGI KE AWAL cuma untuk menjemput orang-orang lain dan dia bimbing orang-orang itu buat mencapai hal yang sama dengan yang dia udah capai. Dia mau balik lagi karena dia ngerti perasaan orang-orang yang lagi berjuang, persis sama dengan apa yang dia alami waktu dia masih berjuang untuk lewatin jurang itu pertama kalinya.
Buat contoh, jawaban gw buat pertanyaan-pertanyaan waktu itu adalah:
1. Waktu itu pertanyaan no 1 dispesifikasi jadi gw mau ke negara apa. Gw jawab Australia.
2. Di sini Mr. Clay cerita kalo alasan orang pergi secara umum adalah: mau liat sesuatu yang baru, mau keluar dari negara asal, dan mau studi. Tujuan utama gw adalah mau studi, tapi ditambah juga cari pengalaman ke luar negeri dan sejenak keluar dari sumpeknya Jakarta. Jadi bisa gw bilang kemauan gw ke Australia ini cukup kuat, sesuai dengan tujuan dari pertanyaan no 2 ini. Sebenernya pertanyaan ini buat nanya ke diri kita sendiri, kemauan kita itu bener-bener kuat ga, karena ini tujuan hidup.
3. Nah, pertanyaan ketiga ini yang paling krusial, kapan kita mau tujuan kita tercapai? Kenapa krusial? Karena langkah pertama itu yang paling berat, saat yang bikin orang jadi males keluar dari comfort zone. Sama kaya halnya mandi air dingin, pertama-tama pasti kaget. Dengan kita jawab kapan mau tujuan kita tercapai, mau ga mau kita bakal mulai jalan. Bukan karena takut hukuman kaya yang terjadi sama gw selama ini, tapi karena ada harapan pada waktu yang udah kita tentukan nanti tujuan kita bakal bener-bener tercapai. Reward terhadap diri sendiri, dan kita yang bertanggung jawab sama waktu yang kita tentukan tersebut. Kalo misalnya berhasil berarti kita udah bertanggung jawab sama komitmen kita ke diri sendiri, kalo misalnya gagal pun bakal jadi pelajaran buat diri sendiri juga. Inilah yang dimaksud dengan 'SET THE CLOCK'! Oh iya, set waktunya itu secepet-cepetnya yang kita mau tapi masih mungkin kita lakukan. Setelah kita yang ada di kelas itu jawab pertanyaan itu, si Mr. Clay bilang: "Allright, now everybody is on the clock! Now get movin and reach your goal! Don't forget to send me postcard when you get there." Di sini si Mr.Clay juga 'set clock' buat diri dia sendiri. Jadi saat ini kita yang ada di kelas itu lagi ada di jam kita masing-masing. Oh iya, jawaban gw buat pertanyaan ketiga ini adalah: June 2013. Doakan gw berhasil ya :)
4. Yang keempat ini kita semua udah tau lah, langkah-langkah apa yang harus dicapai buat bisa ke sana. Kalo gw adalah dengan cari beasiswa buat S2 atau kalo bisa langsung S3 di sana. Sekarang lagi proses apply, semoga berhasil juga. XD Buat yang ga tau harus gimana di langkah ini, bisa mulai dengan jalan yang sama kaya gw, cari beasiswa buat studi, atau yang lebih simple coba aja liburan ke tempat tujuan itu. Cara lain bisa juga tanya-tanya ke master-master yang kita kenal misalnya dosen pembimbing, guru les semacam si Mr. Clay ini, atau temen yang udah pernah ke sana. Banyak jalan buat mencapai tujuan, dan tujuan itu terbuka lebar setelah kita udah menjejakkan langkah pertama.



Yak, seperti yang udah gw bilang bahwa gw juga baru aja dapet tujuan hidup ini. Kira-kira baru taun ini deh, dan Mr. Clay udah ngebantu gw buat nentuin jam gw sendiri. Sekarang gw akan coba nyebrangin jurang buat sampe ke tujuan, dan gw ngajak para pembaca buat sama-sama gw nyebrangin jurang kita masing-masing. Atau kalo memang belum bisa nentuin kapan bakal nyebrangin jurang itu, gw akan tunggu kalian semua di seberang sana, atau bahkan gw akan balik lagi buat jemput kalian kalo gw bisa. Soalnya gw jg belum pernah nyebrang nih.hehe Bagi yang masih struggling buat nentuin tujuan hidup, it's okay. Justru pergumulan yang lagi dialami itu pertanda baik. Artinya dari dalem diri kalian sebenernya dah ada perjuangan buat keluar dari comfort zone. Artinya kalian udah satu langkah lebih maju buat sampe ke tujuan kalian. Seperti kata-kata dari penulis favorit gw Paulo Coelho, "Pergumulan dalam diri adalah pertanda baik terutama saat kita udah memenangkan pergumulan tersebut." Dan juga jangan takut buat ambil langkah pertama, walaupun bisa aja kita gagal. Mengutip lagi dari kata-kata yang kali ini dari salah satu manga favorit gw Eyeshield21. Di situ salah satu tokohnya bilang, "There's nothing like I can't catch it, there's only I couldn't catch it." Artinya kita baru bisa bilang ga bisa kalo kita udah coba, dan itu juga bukan berarti kita ga mau coba lagi. Keep struggling!

Ada pepatah mengatakan, "Every journey begins with the first step." Dari sini kita semua udah tau gimana caranya ngambil langkah pertama. SO WIND UP YOUR CLOCK! AND DON'T FORGET TO ENJOY THE JOURNEY! :D










No comments:

Post a Comment