Wednesday, May 9, 2012

Our Fragile Heart

 

Yoyoyoi, hari ketiga setelah pembukaan blog gw, gw mau share lagi satu pemikiran gw. Berhubung baru awal-awal buat blog masih banyak ide nih, tulis dulu satu sebelum lupa. Sebenernya topik ini tuh yang bikin gw punya ide bikin blog, tapi karena kayanya ga cocok buat pembukaan ya udah deh baru sekarang ditulisnya. Tema kali ini adalah broken heart, tema yang menurut sebagian orang sangat klise namun buktinya merambah sampai ke ujung bumi dan menjangkiti hampir seluruh umat manusia. Dari gejala-gejala yang timbul pada korban-korban yang gw kenal termasuk gw sendiri, akhirnya gw berhasil merumuskan fase-fase yang terjadi pada saat kita patah hati. Sebenernya udah ada sih blog yang ngebahas tentang patah hati yang menarik banget ditulis oleh salah satu junior gw di fakultas, sebut saja Mei atau Rina.XD
Nah blog si Meirina ini menggambarkan fase patah hati dari sisi biologis, berhubungan dengan hormon-hormon yang mempengaruhi perilaku patah hati seseorang. You should read it, very interesting. Tapi gw lupa di mana alamat blognya jadi kalo mau baca tanya orangnya langsung aja atau kalo ga kenal ya udah ya kita lupakan dulu.hahah

Nah, bedanya post gw kali ini dibanding punya dia adalah kali ini gw akan menggambarkan fase patah hati dari sisi pandang maupun reaksi si korban. Korban-korban patah hati itu ternyata punya pola-pola perilaku yang bisa dibagi dalam fase-fase, mirip sama fase demam berdarah. Sebelum baca isinya, di sini gw tekankan bahwa analisis tentang patah hati ini cuma berdasarkan pengalaman dan observasi gw, di mana bener-bener terjadi pada temen gw yang lagi patah hati. Gw berhasil meramalkan dengan tepat fase-fase yang bakal dia lalui, entah karena emang bener atau dia tersugesti sama omongan gw ga tau deh. Kebetulan juga sample yang gw dapet itu kebanyakan cowo yang diputusin, jadi kalo ada cewe yang baca n kerasa ga sesuai ya udah ya, buat bahan pelajaran aja siapa tau ada rencana mutusin cowo atau pedekatein cowo yang lagi patah hati <-- they are such easy prey.heheh Yup! Langsung aja kita mulai fase I!

Phase I: The World Is Crumbling
 
Inilah asal muasal, sabab musabab, usut punya usut, penyebab dari patah hati. Tiba-tiba pacar minta putus atau gebetan nolak pas ditembak. Dunia serasa runtuh, semua panca indera terasa mati, yang terasa cuma serangan jantung kecil yang orang-orang biasa bilang jantung copot atau kalo bahasa novel terjemahan jantungnya mencelos. Kejadiannya bisa berlangsung cepat misalnya dalam kasus tiba-tiba diputusin, atau bisa juga berlangsung lambat kalo si pasangannya dah mulai menunjukkan gejala-gejala pengen putus yang sangat menyiksa si korban.

Fase ini adalah fase di mana orang paling kacau, semua common sense bisa ilang. Bisa nangis di depan umum, OTL di depan umum (yang ga tau OTL cari di google, itu bukan singkatan), atau malah yang fanatik langsung marah-marah di depan umum. Fase ini biasanya berlangsung dalam waktu beberapa jam sampe 2 hari aja. Setelah lewat 2 hari biasanya sense dari si korban dah balik dan dia udah terlihat kaya orang normal lagi. Tapi sedih di hati pastinya belum juga menghilang, dan dimulailah fase kedua.

Phase II: Mourning Time
 
 Fase ini adalah fase tenang namun kritis. Si korban mulai meratapi keadaan, merasa diri paling merana. Contoh-contoh dari perilaku pasien fase II antara lain:

Bengong (o'_'o)

Minta pertolongan yang di atas, padahal sebelumnya boro-boro.

Makan-minum dalam jumlah banyak, entah cuma aqua, seprit, bir n rokok, kue, ciki, junkfood atau bahkan baygon bagi yang ga kuat iman. Oh iya pernah baca entah di mana katanya kalo orang lagi kangen cenderung makan yang manis-manis, kalo lagi stress cenderung makan yang asin-asin. Nah berhubung orang patah hati itu mengalami keduanya, jadi semua dimakan deh. Tapi satupun ga ada yang berasa enak.

SMS, telepon, atau minta ketemu sana-sini minta ditemenin, biasanya curcol juga padahal awalnya bilang ga mau cerita.

Ngisi bulbo yang ngaco-ngaco dan menyiratkan kegetiran hidup. <-- well yang ini udah langka ditemukan karena FS dah jadi reruntuhan. Masih pada inget bulbo ga lu pada?hahahah Tapi menurut gw bulbo itu salah satu penyebab kenapa di jaman FS ga ada yang galau deh. Soalnya setiap orang bisa mengemukakan pendapat hatinya dengan gamblang tanpa rasa malu sampe kadang malu-maluin, karena ada excuse "kan ditanya sama bulbonya..." Contohnya kalo ditanya, "hari ini ada yang bikin seneng ga?" jawabnya,"ada dong" "apa yang bikin seneng?" "ketemu si pangeran kuda hitam d(^o^)b" Terus orang yang baca bisa kegeeran jangan-jangan dia yang dimaksud si pangeran kuda hitam, akhirnya jadi pede gencar pedekatein tu cewe. Akhirnya jadian deh, padahal awalnya yang dimaksud mah bukan orang itu, dan yang bikin bulbonya sebenernya si cewe itu sendiri buat ngegaet si pangeran kuda hitam yang asli. Yah tapi intinya bulbo jaman itu tuh udah kaya messenger orang-orang yang lagi kesengsem. Back to topic... Btw itu contoh di atas gw ngarang ya, bukan orang beneran. Tapi entah kenapa istilah pangeran kuda hitam kok familiar ya, semoga bukan kisah nyata.hahaha

Nah, fase kedua ini biasanya yang berasa paling menyiksa dan berdampak buruk pada jiwa dan raga. Orang bisa jadi gemuk, kurus, pemurung, sakit-sakitan. Salah satu ciri orang masih terjebak di fase II adalah dia masih mengidolakan si pasangannya, masih merasa si pasangannya itu adalah belahan jiwanya, dia harus bisa didapetin lagi, semua yang terjadi bukan salah dia, dan seterusnya. Kadang masih berusaha balikan lagi sama si pasangannya, biasanya kemungkinannya kecil kecuali pasangannya juga masuk fase II ternyata. Di sini juga biasanya suka masuk pihak ketiga, tujuan awalnya sih mau menghibur teman. Tapi tetep aja ada insting purba yang mengatakan, "wah pejantan satu ini lagi fragile, hatinya masih mencoba nyatu lagi abis remuk, saatnya ambil alih posisi di hatinya biar bisa jadi the next ratu lebah!" Fenomena ini biasa kita sebut PELARIAN (‾^‾) <- wah emot BB juga bisa masuk sini ya (•̪┌┐•̪)

Nah, kalo udah mencapai puncak dari fase II, dimulailah fase III

PHASE III: ANGER

 

Beban emosi yang terus terakumulasi di fase II pada akhirnya akan mencapai puncaknya. Si korban yang sudah meraung-raung selama beberapa periode akhirnya kecapean OTL. Dan apakah yang terjadi pada orang yang kecapean? Yak, jawabannya adalah jadi kesel. Merasa kesel karena sadar sama perlakuan si pasangan yang ga pantes ke dia. Apalagi dibantu dengan keadaan si pasangan udah makin jauh dari dia, jadi rasa keterikatan juga makin hilang. Rasa keterikatan yang makin hilang bikin perasaan ke orang tersebut juga makin pudar. Jadinya yang tadinya mengidolakan si pasangan dan berharap dia balik, akhirnya berubah jadi merasa pasangannya itu adalah orang yang udah pernah dia baekin tapi ujung-ujungnya malah giniin si korban. Akhirnya rasa suka berubah jadi benci. Tapi tenang aja, walaupun keliatannya fase ini parah, sebenernya ini proses recovery. Kalo di fase II yang recover itu cuma panca inderanya. Ibarat kaya kapal perang kena misil jadi mati sesaat kaya di fase I, nah di fase II yang dinyalain sama sistemnya tuh cuma bagian-bagian vital kaya mesin kapal dan pompa buat mompa air yang masuk keluar, intinya at least stay alive aja. Nah di fase III ini mulai deh sistem navigasi sama persenjataan mulai aktif lagi, jadi dah bisa memandang situasi dengan lebih objektif (walaupun sering juga objektifnya masih objektif menurut diri sendiri) dan bisa menentukan arah selanjutnya gimana. Kalo di fase demam berdarah, tahap kemarahan ini mirip kaya fase demam sebelum penyembuhan. Berarti bentar lagi bakal sembuh nih. :)  Tapi lain ceritanya kalo si pasangannya ini masih deket dan nunjukin care ke si korban, tapi tetep ga mau balikan. Wah bisa bolak balik fase II sama III terus kalo gitu. Tapi kalo emang udah jauh dari si pasangan, abis tahap ini selesai masuk deh ke tahap IV.

PHASE IV: RECOVERY

Fase yang terakhir adalah fase recovery, sesuai namanya sebenernya kita semua dah tau inti dari fase ini. Akhirnya si korban bisa move on, semua kesedihan dan dendam sudah ditinggalkan di belakang. Walaupun masih inget apa yang terjadi, tapi secara umum udah ga mempengaruhi perasaan lagi. Di sini kapal perangnya udah berfungsi sempurna lagi, ready to set sail again! Di sinilah kita bisa memulai petualangan yang baru lagi, kalo ketemu cewe baru udah bukan pelarian lagi, kalo misalnya balikan sama yang lama pun udah bukan karena masih sedih kehilangan tapi emang misalnya ngerasa cocok sama yang lama. Tapi ada juga si orang-orang yang walaupun dah recover, udah merasa males kalo balikan sama orang yang sama. Di samping udah tau rasanya bareng-bareng orang itu (jadi dah ga seru gitu deh), sama masih inget sama perlakuannya, forgiving but not forgetting gitu lah. Di sinilah saatnya buka lembaran baru, mengeksplorasi daerah-daerah yang belum terjelajah, dan memulai kesempatan-kesempatan baru.

Dari analisis fase-fase di atas, sebenernya kita bisa simpulkan kalo broken heart itu sembuh sama waktu, apalagi kalo didukung sama temen-temen deket. Time heals the scar, light will guide you home. :) Sekali lagi analisis yang gw jabarkan di atas itu adalah pure analisis gw sendiri di tambah pengetahuan-pengetahuan kecil di sana-sini yang gw lem jadi satu pake logika. Jadi kalo ada yang ga setuju atau ga sesuai, gw ga terima complain (‾^‾)
Pesan dari gw untuk cerita kali ini adalah, hati kita ini memang rapuh dan gampang banget buat sakit, sakitnya bahkan sampe mempengaruhi kita secara keseluruhan. Jadi setelah tau fase-fase ini, seengganya kalo kita sampe mengalami kita bisa lebih sabar dan nunggu sampe fase-fasenya lewat. Jangan pernah juga nyoba untuk ngerasin hati biar ga sakit lagi, karena hati yang keras bikin orang jadi dingin dan orang lain jadi ga bisa ngerasain diri kita yang sebenernya. So, "Love our fragile heart, because it's the one who love the most."

Happy loving! (o''o)
 

No comments:

Post a Comment