Monday, May 7, 2012

The Wonder of the Adventure

Setelah mencoba memulai dan tertunda berkali-kali untuk buat blog, bahkan sampe sempet ngetik setengah terus ilang ga tau di mana, akhirnya kali ini gw bertekad akan publish post gw yang pertama di blog gw yg pertama! Awal-awal masih bingung mikirin temanya, sempet mau bikin yang lucu. Tapi gw yakin bakal garing jadinya. I'm not that kind of person, I'm the blood A type with perfectionist and overthinking style. Tapi berkat bantuan dan dukungan satu temen gw yang merupakan blogger handal, gw yakin kalo beberapa pemikiran gw bagus juga kayanya buat dishare. So here I am, enjoy my blog! :)

Post gw yang pertama ini sesuai judulnya gw mau share pemikiran tentang "adventure". Menurut pandangan gw, hidup kita ini adalah petualangan dan semua orang adalah karakter-karakter di dalam petualangan tersebut. Di dalam petualangan tersebut pasti kita semua berlomba-lomba untuk mencapai yang kita sebut dengan TUJUAN. Berdasarkan insting kita, kita secara sadar maupun ga sadar percaya kalo tujuan kita tercapai pasti kita akan seneng. Hal tersebut ada benernya ada ngganya. Bener tujuan kita itu pasti adalah sesuatu yang menyenangkan, misalnya juara I turnamen futsal, mendirikan resort raksasa di daerah pegunungan, membangun keluarga yang bahagia, punya anak, punya cucu, mati tenang. Ya, semua itu menyenangkan, sangat menyenangkan. :) Tapi coba pikir-pikir lagi deh, kalo TUJUAN kita itu udah tercapai, kita mau ngapain lagi? Dapet piala futsal, senang, diangkat-angkat, pesta kemenangan, setelah paling lama 1 minggu juga euphorianya ilang. Bikin resort raksasa, untung udah gede, dapet passive income, resort dah diurusin sama anak buah, pasti bingung mau ngapain lagi. Udah punya keluarga bahagia, dah siap ngelakuin hal-hal yang diimpi-impikan dari dulu sama keluarga, tapi kalo mau jujur lama-lama pasti bakal jenuh juga ketemunya orang-orang itu juga. Kalo dari deskripsi gw kayanya gw pesimistis banget ya, kayanya hidup membosankan, tapi coba baca dulu sampe abis ya, semoga membuka pandangan baru :)

Adventure dalam hidup kita ini akan gw jelaskan dengan analogi game, karena gw sangat suka gaming dan di dalem game kan banyak banget tema adventure.:) Dulu gw suka banget main Ragnarok Online. Online game yang berasal dari Korea ini bener-bener menyita waktu gw banget, dipikir-pikir rugi banget buang waktu dan uang buat kaya ginian. However, I guess I can't help it because I was just a child after all. Di game ini kita bisa milih mau jadi karakter apa aja contohnya: swordman, archer, thief, acolyte, dll. Terus tujuan kita adalah ngembangin karakter kita jadi makin kuat, ngelawan musuh-musuh yang makin kuat, dapet barang-barang bagus buat ngebantu perkembangan karakter kita, berubah jadi karakter yang lebih kuat (misalnya thief jadi assassin dan seterusnya), dan intinya berkompetisi menjadi yang terkuat.

Jaman itu gw masih gamer online yang newbie, culun banget berjam-jam main di warnet dengan koneksi cupu alhasil level gw lama banget berkembangnya. Gw merasa kapan gw bisa sampe ke lv 99 kalo gini. Akhirnya gw menyerah dan berenti main, apalagi waktu itu dah harus bayar pake voucher buat main ini game! Beberapa tahun kemudian, masa-masa kuliah gw diajak lagi ni sama junior-junior gw buat main RO tapi gratis di private server, terus levelingnya lebih cepet soalnya gamenya dipermudah. Akhirnya gw setuju main dan dengan cepat gw berhasil mencapai lv 99. TUJUAN GW TERCAPAI!!! I'M THE HAPPIEST PERSON IN THE WORLD!!! Is that so? The fact is: NOT AT ALL!!! akhirnya gw ga tau lagi harus ngapain, karakter gw dah mentok buat dikembangin, bahkan gw dan temen-temen gw dah bisa bunuh-bunuhin boss yang kuat-kuat, dan ampir semua tempat dah dijelajahin. Akhirnya satu per satu dari kita mulai bosen. Ada yang mencoba bikin karakter baru, mulai dari awal, just to repeat the most interesting process, proses berkembang. Akhirnya kita semua berenti main RO.

Setelah RO kali ini gw main game online lagi, kali ini gamenya lebih sederhana, namanya Maple Story Adventure. Intinya sama kaya RO cuma dengan gambar yang lebih lucu-lucu dan gameplay yang kita kira lebih SIMPLE. Waktu itu gw main bareng 2 sahabat gw, sebut saja Babix dan BS.





 Maple Story Adventure

Saat main game ini, rasanya bener-bener berbeda dibanding main RO, kali ini kita bener-bener ga mikirin tujuan! Prinsip kita adalah ENJOY THE GAME! tetep sih tujuan kita jadi lebih kuat, tapi menurut kita the hell with that, pokoknya kita mau mengarungi dunia Maple Story ini bersama-sama! Bwidih, dah kaya balada-balada 3 sahabat nyaris homo gitu dah. Tapi ternyata prinsip kita itu bikin gamenya jadi super fun. Ternyata gamenya ga semudah yang kita kira, kita jadi orang-orang cupu di sana, we were very sucks man!!! BS sebagai tukang sihir sering banget mati konyol gara-gara nyamperin musuh yang berotot besar, Babix sebagai ksatria yang harusnya punya kemampuan tarung jarak dekat sering banget terdesak dan hasilnya dia kabur ke belakang -.-" gw sebagai ninja yang harusnya punya serangan mematikan ternyata cuma punya piauw yang kalo dilempar musuhnya cuma geli-geli. Sering banget kita terlibat quest-quest sulit dan berakhir konyol, akhirnya kita cuma kocar-kacir dibabak belurin sama monster-monster sampe kabur keluar dungeon. Sampe dikata-katain sama bule dan kita bales katain sepuasnya pake bahasa kasar indo (bule bae juga kadang kita katain sih, bahahaha). Ternyata Maple Story itu makin lama makin susah dan mengandalkan ketangkasan jari di keyboard! masa RPG mainnya game halang rintang! NGEPET! #jadicurcol Well anyway, walaupun kita main kesusahan dan lambat majunya, tebak apa yang terjadi? Yang terjadi adalah kita bertiga sangat-sangat menikmati main game itu. Game ini bener-bener kaya oasis di tengah kesibukan kuliah kita. Banyak banget hal-hal lucu yang terjadi, di samping kesel ngeliat temen-temen yang gw sendiri bingung mereka ngapain, selain gw sendiri juga kadang-kadang cupu, tapi overall itu semua bikin kita semua akhirnya ketawa-ketawa like a bunch of happy boys! Yah, biarpun akhirnya kita berenti main karena gamenya dah terlalu susah sih. XD

Nah dari anekdot di atas, apa sih yang bisa kita simpulkan? Apa yang bikin 2 adventure di atas berbeda? Dari sudut pandang gw, yang membuat mereka berbeda adalah bagaimana gw menyikapi 2 adventure di atas, waktu main RO gw hampir ga menikmati petualangannya, sedangkan di Maple Story gw sangat-sangat menikmati petualangan bersama 2 sahabat gw, layaknya Chinmi, Sie Fan, dan Tan Tan. Memang tujuan itu penting, kita ga akan punya motivasi kalo kita ga punya tujuan, apalagi tujuan hidup. Tapi tujuan kita itu cuma paling banyak ambil proporsi 10%, sisa 90% adalah petualangannya. Balik lagi ke juara I futsal dan basket di fakultas misalnya, yang pernah gw alami. Kita lewatin pertandingan-pertandingan seru, bikin gol-gol dan bertahan di situasi sulit. Akhirnya juara, dan berasa banget euphorianya, kita angkat-angkat piala idaman kita setelah 3 tahun berjuang tanpa hasil. Tapi setelah seminggu, bukan jadi juaranya yang membekas di hati, tapi gimana perjuangan gw dan temen-temen sampe akhirnya jadi yang terbaik. Gimana tim kita berkembang dari cupu shiet banget sampe akhirnya jadi juara fakultas. Gimana kita bisa ngadepin kekalahan dan berjuang biar berikutnya bisa menang. Tujuan yang udah tercapai ga akan bisa dicapai lagi, kita pasti harus bikin tujuan baru, tapi banyak hal yang bisa kita lihat di samping tujuan itu. Contohnya di balik tujuan juara 1 futsal kita bisa liat yang lebih berharga misalnya temen-temen seperjuangan, suporter yang setia mendukung, dan GREGET waktu pertandingan. Being the champion is what I want, but it's not what I care the most.




FUTSAL AND BASKETBALL CHAMPION OF FTB GAMES 2010!!!

Sama halnya dengan resort raksasa dan keluarga, banyak hal penting selain tujuan yang bisa diliat. Saat punya keluarga nanti, kita liat anak-anak kita berkembang, menapakkan kaki mereka di petualangan yang dulu mungkin kita pernah lalui dan jadi tugas kita buat membimbing mereka supaya bisa berhasil bahkan lebih baik daripada kita. That is the wonder of the adventure, the beauty of the journey!

Akhir kata pesen gw adalah, "Enjoy the journey! There's nothing left after the goal, but there is a lot more besides the goal." Happy adventuring! :)



No comments:

Post a Comment