Tuesday, June 12, 2012

Traveling Light


Post pertama di bulan Juni 2012, akhirnya sempet lagi buat update gara-gara urusan sana sini dan ada mainan baru yang bikin ga sempet-sempet nulis. Topik kali ini sebenernya sebagian besar dah jadi dah dari lama-lama tapi baru sekarang bisa direalisasikan dalam bentuk tulisan. Judul kali ini adalah sequel selanjutnya dari "The Wonders of The Adventure" dan "Set The Clock". Buat yang udah baca pasti kira-kira dah tau kalo isinya menyangkut sikap-sikap positif dan tips-tips dalam menghadapi hidup yang gw sebut dengan "adventure". Buat yang belum baca edisi-edisi sebelumnya, silakan diliat di blog ini, nyarinya masih gampang karena kebetulan postnya baru 4 bidji. Okay, enjoy the post :)

Secara harafiah traveling light berarti kita melakukan perjalanan dengan bawaan yang relatif sedikit dengan keuntungan pergerakan kita jadi lebih leluasa dan mungkin bisa mencapai jarak tempuh yang lebih jauh. Tentunya traveling light di sini lagi-lagi adalah kiasan yang gw buat untuk menggambarkan sikap yang positif dalam melakukan perjalanan hidup. Untuk ngejelasin topik kali ini gw akan pake perumpamaan game lagi. Belum lama ini gw lagi getol-getolnya main The Elder Scroll V: Skyrim. Game yang sangat laku di pasaran ini bertema tentang petualangan jaman-jaman pedang dan sihir berkonsep sandbox. Konsep sandbox maksudnya dibanding game-game pada umumnya di mana pemain harus ngikutin alur cerita yang udah diplot dan level-level yang udah pasti, di game sandbox kita bagaikan jadi orang yang bebas. Kita ga harus langsung ngikutin alur cerita utama, kita bebas mau pergi ke kota manapun, berinteraksi sama orang apapun, jadi pembela kebenaran, penjahat, penyihir, manusia serigala, vampire, pembunuh bayaran, dan sebagainya. Konsep game yang sangat-sangat bebas ini bikin seri Elder Scroll ini merupakan brand game yang sangat laku kaya game-game sejenisnya contohnya seri Grand Theft Auto. OK cukup penjelasan gamenya karena ga gitu penting buat analogi yang mau gw ceritain.


The Elder Scroll V: Skyrim

Nah waktu lagi main Skyrim, keluarlah sifat tipe darah A gw. Gw berpikir pokoknya semua barang-barang yang ada di rumah harus dibawa, panah, pedang, perisai, pedang gede, armor anti sihir, armor tebal, armor ringan. Pokoknya gw ga mau waktu lagi di dalem goa-goa tiba-tiba diserang makhluk aneh terus kurang persiapan. Alhasil majulah gw ke medan pertempuran dengan bawaan super banyak kaya pas jaman SD, harus bawa buku cetak, buku catetan, PS, dan PR, akhirnya jadi empot-empotan bawa ransel. Untung ga sampe bongkok jaman dulu, tapi sempet sampe berobat ke sinseh si, dipijit sampe sakitnya sekambing-kambing. GARA-GARA RANSEL! (#`Д´)σ
Ternyata ya... Namanya orang kan pasti cuma pake 1 senjata andalan, karakter gw pakenya pedang di masing-masing tangan. Mau musuhnya deket, jauh, pake sihir, pake panah, tetep aja gw samperin dan gebugin sampe kapok. Baju pelindungnya juga mau anti sihir kek, ringan, nambah kemampuan dsb, akhirnya yang gw pake cuma 1 set yang paling bagus. Intinya barang-barang yang gw bawa banyak-banyak ga kepake! Udah gitu sampe goa-goa kan banyak harta benda tuh Karena gw dah keburu bawa barang berlebih dari awal berangkat, akhirnya cuma sedikit harta yang bisa diambil. Banyak barang yang bisa dijual mahal akhirnya harus ditinggal gara-gara keberatan. Akhirnya gw harus bolak-balik buat ngangkutin harta dan buang waktu banyak banget OTL


TESV Treasure.png
If only I could take them all


Akhirnya di kesempatan lain gw coba buat bawa barang seperlunya aja, 1 set baju pelindung yang dipake aja, 1 senjata andalan, dan obat-obatan secukupnya. Setelah itu gw pergi ke goa-goa lagi. Ternyata kemampuan gw ga berkurang dibanding bawa barang selengkap-lengkapnya karena gw punya baju pelindung dan senjata andalan, kalo misalnya babak belur pun obatnya masih cukup. Terus semua harta yang ada di goa itu bisa gw jarah tuntas sampe sekeping-keping koinnya. Gw pergi dengan bawaan minim, pulang gemuk dengan harta benda! \(•˚˚•)/


TESV Nightingale Armor Male.png
  This time I am traveling light

Dari analogi di atas bisa kita liat dalam berpetualang itu bakal banyak kesempatan buat si petualang mendapatkan hal-hal baru. Tapi kalo si petualang itu udah keberatan sama barang bawaannya sendiri, bukan aja dia jadi ga enjoy dan ga bebas bertualang tapi juga dia cuma bisa dapet sedikit hal-hal yang baru. Sama dengan kita dalam perjalanan hidup. Seperti yang gw bilang sebelumnya, traveling light ini bukan secara harafiah di mana kita ga boleh bawa barang banyak-banyak, tapi lebih ke arah beban pikiran yang kita bawa. Tapi serius deh beban secara fisik juga mending jangan banyak-banyak kaya ransel jaman SD dulu, sakit punggung loh ntar (o'_'o)

Biasanya orang itu hidup dengan membawa banyak beban pikiran, contohnya adalah gw sendiri. Seperti yang udah gw sebutin di post sebelumnya, gw juga masih berusaha melalui jurang menuju tujuan dan juga lagi berusaha menikmati petualangan gw. Beban pikiran di sini bukan cuma stress dan kecemasan, tapi juga pikiran-pikiran seperti rasa sombong, sok tau, merasa udah jago, atau pikiran takut keluar dari zona aman. Semua pikiran di atas adalah beban-beban yang secara sadar ga sadar kita bawa ke mana-mana dan mengganggu proses belajar kita. Misalnya aja kita punya sikap sok tau, terus begitu dikasih tau sama orang kita merasa ga perlu denger karena kita merasa dia lebih ga tau dari kita. Eh ternyata tu orang tau lebih banyak dan dia cuma ngejelasin dari awal aja karena ga tau kalo kita udah tau sebagian. Akhirnya kita jadi ga dapet ilmu baru yang seharusnya udah kita dapet kalo aja kita ga terbeban sama pikiran sok tau kita.

Banyak orang-orang terkenal juga udah membicarakan hal yang sama dengan gw. Berkat orang-orang hebat itulah gw bisa nulis post ini. Orang-orang itu antara lain Paulo Coelho dari buku The Zahir (isi jelasnya rada-rada lupa tapi intinya dia bilang, "lupakan hal-hal lain tidak penting dalam hidup selain beberapa hal yang harus kau ingat seperti beberapa nomor bank dan rute pulang ke rumah.") dan Steve Jobs dengan kutipan terkenalnya "stay hungry, stay foolish". Sekarang kita tau kira-kira kenapa mereka bisa berhasil dalam petualangan mereka. Ninggalin beban-beban pikiran itu ga ada ruginya, karena yang akan hilang cuma hal-hal yang menghambat kita sedangkan pengalaman dan kebijaksanaan kita akan tetep ada di dalam diri kita. Sama halnya dengan 1 set baju pelindung dan pedang andalan yang dibawa ke mana-mana sama karakter gw di Skyrim, alat yang sangat membantu tapi ga membebani. Kalo pikiran itu membebani, berarti pikiran itu ga ada gunanya. So it's your choice to carry it along or leave it in the chest. :)

In the previous session I told you to set the clock and enjoy the journey, now I suggest you to leave everything that encumber you and make yourself ready for the excitement ahead! Happy traveling!


No comments:

Post a Comment